Welcome to Indonesia, AliExpress

Welcome to Indonesia, AliExpress

Pasar online Indonesia kembali dibuat ramai oleh salah satu toko online besar dunia, namanya AliExpress. Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar nama ini. AliExpress adalah toko online besar nomor satu di Rusia dan Brazil (katanya SimiliarWeb) dan cukup populer di BRIC (Brazil, Rusia, India, China).

Konsep AliExpress ini emang unik sih. Mereka cuma jualan barang-barang buatan China alias Tiongkok. Dan menyebarkan ke seluruh dunia. Berfokus pada negara-negara berkembang. Indonesia menjadi target mereka dengan jumlah penduduk yang seabrek.

Pembukaan di Indonesia ini juga salah satu dari pernjanjian dengan perusahaan logistik berskala regional. Maka jadilah Indonesia masuk dalam negara “I” dalam kategori MINT (Mexico, Indonesia, Nigeria, Turkey).

Mulyono yang jadi kepala AliExpress Indonesia mengungkapkan alasan AliExpress jualan ini karna Indonesia punya 70 juta orang di internet, dan ada kemungkinan bertambah jadi 100 juta dalam beberapa tahun mendatang.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

 

Nah satu alasan lagi adalah, perkembangan infrastruktur di Indonesia berjalan lebih lambat daripada daya beli masyarakat. Apalagi infrastruktur yang maju itu cuma ada di pulau Jawa. Otomatis bakalan banyak pembeli yang dari luar Jawa menggunakan internet untuk belanja. Toko offline dalam bahaya?

Alibaba Group sebagai induk AliExpress kemarin katanya (masih gosip) mau bekerja sama dengan DOKU, alat pembayaran online di Indonesia. Tentu untuk memudahkan para kustomer nya belanja sih.

Mulyono juga menegaskan, untuk level Indonesia dimana pembeli online masih belum terlalu jago dan paham dengan sistem belanja dan bayar seperti ini, pola pembayaran dan pengiriman yang dilakukan AliExpress setingkat lebih wahid daripada pesaing mereka di pasar Indonesia. WOW!

Kira-kira si bang AliExpress ini butuh Jasa SEO di Jakarta gak ya?

Nah menurut kamu sendiri, gimana nasip para pedagang online level kecil-menengah jika Indonesia dimasukin sama pedagang gede macem AliExpress dan nama-nama lain? Apa kita mampu bersaing?

 

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*