Update Terbaru Algoritma SEO Google Tahun 2018

Update Terbaru Algoritma SEO Google Tahun 2018

Akhirnya, kini ada update lagi. Dan update ini jelas akan membuat beberapa website mengalami penurunan peringkat, atau mungkin ada beberapa halaman yang mengalami pengurangan poin. Algoritma yang di update secara berkala, otomatis harus membuat kita sebagai pemilik website semakin kreatif untuk berkreasi dan mengurus website bisnis kita.

Kali ini, ada 4 update yang rilis dari Google. 4 Update jelas menjadi angka yang cukup banyak. Mengingat satu update saja bisa membuat beberapa halaman kita goyang, apalagi 4 sekaligus. Dan, waktunya berdekatan pula. Sampai saat hari artikel ini rilis, Google sudah buat 4, diluar itu, kami akan rangkum dalam artikel lain.

1. Spin Content
Apa itu Spin Content? Sederhana nya adalah, ini artikel yang dimuat ulang, dan dilakukan perubahan sedikit pada kalimat atau kata tertentu sehingga terlihat menjadi konten baru. Konten Spin ini membuat Google atau kita sebagai pembaca kesulitan menemukan konten paling asli yang mana. Konten Spin ini menjadi perhatian Google pada tahun 2017, dan eksekusi nya di 2018.
Pertanyaan nya. Bagaimana jika kita sering melakukan spin content, apakah akan kena efeknya? Bisa iya, bisa tidak. Karena Google perlu mengumpulkan banyak data untuk melihat sebuah artikel disebut spin content atau tidak. Dan prosesnya lumayan lama, sehingga, jika kita bikin artikel di bulan April, efeknya mungkin di bulan Juni atau Juli.
Solusi: Cobalah edit artikel2 unggulan Anda secara besar. Sehingga menjadi artikel unik. Lalu ajukan indeks ulang.

2. Mobile Friendly Page
Dulu Google melakukan tes pada sistem bernama Mobile First Index. Dan kini sudah rampung. Artinya, sekarang, website yang tidak punya tampilan mobile, dan atau berat tampilan mobile ketika dibuka, pasti akan kena efek pada peringkat. Google juga menyarankan URL yang sama pada mobile dan desktop. Serta konten yang sama.
Google juga perhatian pada kecepatan mobile. Maksimal, website Anda harus terbuka dalam 3 detik, pada tampilan teratas, sebelum scroll ke bawah. Solusi: Jangan terlalu banyak pakai script yang memberatkan kecepatan web.

3. Relevansi
Google mengatakan bahwa akhir-akhir ini banyak website yang unggul, namun mudah tergeser peringkat nya, dan sirkulasi peringkat di halaman pertama sangat cepat berubah. Kendala nya, ada pada relevansi konten website. Dan ini, mungkin akibat algoritma baru, Rankbrain.
Masalah ini, bisa diatasi dengan pembuatan konten yang berkualitas. Artinya, konten buatan kita harus mampu menarik visitor, membuat mereka lama di website kita, melakukan interaksi, intinya ada di kepuasan pengguna.

4. Pagerank
Secara umum, pagerank sudah tidak ada. Namun, diam2, Google masih menjalankan sistem baru untuk pagerank di tiap website. Kalau bicara soal pagerank, maka kita bicara soal link. Usahakan, jangan terlalu banyak link di dalam artikel kita, cukup yang perlu2 saja. Dan jangan banyak backlink yang dari web pagerank rendah.
Solusi, untuk naikkin performa. Jika ada konten artikel yang ingin dinaikkan, Anda bisa mengarahkan segala banner, internal link ke arah artikel yang diinginkan.

Pastikan, tiap ada perubahan artikel atau artikel baru yang dibuat, segera lakukan fetch as google, alias indeks ulang.

Untuk konsultasi SEO dan Digital Marketing, silahkan hubungi  kami dengan klik >>> Konsultasi SEO dan Digital Marketing

 

Categories: SEO

About Author

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*