Tips Persiapan Memulai Bisnis Online

Tips Persiapan Memulai Bisnis Online

Bisnis online saat ini makin ramai dan ke depan nya pun bakalan makin ramai. Ramai disini ada 2: Pertama, ramai yang berbisnis. Kedua, ramai yang tutup bisnis.

Bisnis online ini mempunyai pasar yang luas, berbeda dengan bisnis konvensional yang target market nya lebih kecil. Akibat dari pasar yang luas, maka andapun mesti siap dengan berbagai pengunjung yang datang dari berbagai tempat, dengan tingkah yang berbeda dan tujuan yang berbeda pula. Lalu dari segi persaingan juga berbeda. Di bisnis konvensional, tingkat persaingan lebih rendah dan di bisnis online, tingkat persaingan lebih luas. Ya, ini semua akibat dari perbandingan jumlah pasar yang berbeda pula.

Kreatifitas dalam bisnis online harus lebih digunakan dibanding bisnis offline. Kenapa? Karna begini, di bisnis offline, jika anda mendapatkan pelanggan, maka kemungkinan ia menjadi pelanggan tetap akan besar. Berbanding terbalik di bisnis online, hampir tidak ada pelanggan tetap di bisnis ini. Kenapa? Karna banyaknya pesaing yang ada, sehingga mereka akan lebih banyak membandingkan toko A dengan toko B ketimbang tetap belanja di salah satu toko tersebut.

TMDOTCOM merangkum 5 hal yang mesti ada persiapkan ketika ingin berbisnis online.

 1. Hadapi Penipu

Penipu banyak berkeliaran. Mulai dari minta dikirim barang duluan ketimbang bayar, hingga tindak kriminal ketika COD (cash on delivery). Ini beda dengan bisnis offline dimana anda bisa bertemu dulu dengan si pembeli dan mengetahui karakter nya sebelum bertransaksi. Di bisnis online semua yang anda temukan murni dari internet dimana siapapun bisa jadi siapapun.

2. Jangan Termakan Kampanye Hitam

Seperti pemilu, bisnis pun ada kampanye hitam. Lawan akan menjatuhkan anda dengan cara apapun. Baik sesuai etika bisnis, atau dengan cara kotor. Kalau mereka menjatuhkan anda sesuai etika bisnis seperti service lebih baik, promo lebih kenceng ya gak masalah. Nah yang ribet kan kalau mereka maen dukun. Lalu anda termakan dan ikut-ikutan.

3. Jangan Perang Harga

Salah satu alasan kenapa banyak bisnis gagal adalah karna mereka terlibat perang harga dengan kompetitor. Padahal bisnis mereka baru dimulai, dan biaya operasional tetap stabil sementara profit menurun akibat perang harga. Kabar buruknya adalah lawan anda pemain lama yang tentu lebih pintar dan berpengalaman.

4. Takut Gagal

Bukan berapa kali anda gagal, tapi berapa kali anda bisa bangun lagi.  Ya, jangan takut gagal. Bisnis online memang belum terlalu maju di Indonesia, kendati banyak peminat nya. Maka dari itu pasar dan kesempatan anda masih sangat luas.

5. Adu Kreatifitas Dengan Kompetitor

Kreatifitas juga menjadi kunci utama dalam bisnis online. Terutama dalam kreatifitas di sisi marketing. Kadang biaya besar belum tentu menghasilkan hasil yang besar juga. Malah biaya kecil bisa jadi berbalik unggul. Semua tentang kreaitfitas si pemilik usaha.

Ada yang bisa ditambahin kan dari semua ini? Oh iya, pakai Jasa SEO juga boleh kok.

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*