Tips Membangun Brand Di Sosial Media

Tips Membangun Brand Di Sosial Media

Sosial Media Management dalam dunia bisnis jaman sekarang boleh dibilang makin penting. Memang sih, beberapa bisnis di Indonesia masih aman untuk tidak berinteraksi di sosial media, tapi tidak menjamin keamanan ini akan berlangsung dalam 10 tahun ke depan atau lebih.

Membangun brand di sosial media bisa dibilang gampang, tapi juga susah. Gampang karna sekali anda dapat share dari followers atau teman, maka yang lihat banyak dan kemungkinan mendapat followers/teman baru pun besar. Susah karna mendapat 500 followers pertama ternyata tidaklah mudah, butuh strategi, taktik, konten yang menarik, promosi, modal, serta unsur keberuntungan.

Untuk itu, kami ingin berbagi soal tips membangun brand di sosial media yang tepat untuk anda.

1. Seleksi Sosmed

Saat anda ingin masuk ke dunia sosial media, anda harus melihat sosial media apa yang cocok untuk bisnis anda. Tidak semua sosial media cocok, sekalipun yang paling terkenal semacam facebook dan twitter, bahkan sosial media dibawah mereka yang terlihat sepi, bisa jadi malah lebih mendatangkan keramaian untuk bisnis yang anda tawarkan. Ambil contoh: Anda jualan mobil klasik. Anda punya 7016 likes di Facebook, dan 500 pins di Pinterest. Dari 7016 likes, pelanggan anda hanya 5 orang, sementara dari 500 Pins yang menyebar di Pinterest, anda bisa mendapatkan 300 pembeli. Lebih cocok mana?

2. Lihat Lawan

Meniru adalah awal dari perkembangan inovasi. Tapi…bukan meniru mentah-mentah loh. Anda harus menambahkan sesuatu yang tidak ada di lawan anda, sehingga ada keunggulan baru dari bisnis yang anda buat. Jadi, anda bisa melihat apa saja yang dilakukan lawan di sosial media, dari sana analisa lah, buat sesuatu yang lebih dan buang kekurangan yang anda temukan dari lawan.

3. Blog

Sejak jaman dahulu kala, ketika harimau masih merokok. Kami sudah mewanti-wanti agar kalian punya blog. Blog ada sosial media, tempat dimana anda bisa berbagi informasi dengan lebih detail ketimbang sosmed lain. Blog juga lebih disukai Google ketimbang sosial media lain.

Apa? Kalian malas nulis?

Hmm, TMDOTCOM sedia jasa tulis artikel blog kok.

4. Branding

Nah, kalau udah kerjain poin diatas, ya branding nya kudu dilakukan, kalau lupa mah antiklimaks banget. Anda harus menanamkan seperti apa produk jualan ini ke pelanggan. Apakah ini barang mahal? Apakah ini barang murah? Apakah JASA SEO ini bagus? Banyak loh produk yang sebetulnya modal murah, tapi karna branding yang ciamik, mereka bisa jual barang dengan harga mahal. Banyak juga produk yang modal nya mahal, tapi karna branding yang tepat, mereka jual dengan murah #Antiklimaks.

5. Berdoa

Ingat-ingatlah selalu, Kawan.

Intinya, membangun brand bukanlah pekerjaan yang bisa selesai dalam semalam. Membangun brand butuh waktu, niat, dan konsistensi. Jika anda merasa terlalu malas untuk branding bisnis anda, bisa hire Jasa Marketing Plan TMDOTCOM kok.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*