SEM vs Social Media Marketing Part 1

SEM vs Social Media Marketing Part 1

Bicara soal traffic pada website, sama saja seperti bicara soal seberapa terkenal nya usaha anda di dunia internet. Traffic memang menjadi patokan berbagai orang untuk memberi penilaian usaha online anda. Traffic yang banyak memberi uang yang banyak untuk anda. Apalagi jika website anda adalah portal berita, pemasang iklan pasti akan memilih website yang didatangi 20.000 orang per hari daripada yang 5000 orang per hari.

Bicara soal traffic, hingga detik ini, masih banyak orang yang berdebat akan faktor-faktor yang bisa mendatangkan traffic. Apakah itu dari Sosial Media? Atau dari SEM (Search Engine Marketing)? Dan hari ini, kami akan mengupas, kenapa Search Engine Marketing (SEM) ini menang dari sosial media.

Orang Mencari Barang Melalui Search Engine

Gara-gara banyak orang yang cari barang melalui mesin pencari, maka otomatis nya, banyak pemilik usaha yang jualan via mesin pencari ketimbang sosial media. Data dari Econsultancy menyatakan bahwa 61% orang mencari produk dan melakukan riset tentang produk tersebut melalui mesin pencari sebelum mereka benar-benar membeli barang tersebut. Kalau tidak yakin begini saja, kalian mau beli Hp Samsung Galaxy S5. Apa yang kalian lakukan? Mengecek toko yang jual kan? Dimana? Mesin pencari dong, di Google, Yahoo, dsb.

Bisa Tahu Apa yang Orang Cari.

Dulu orang melakukan riset dengan cara mengetik keyword-keyword di search bar Google, hasilnya kita bisa melihat jumlah pencarian halaman info yang kita mau. Mungkin akan kurang akurat, makanya Google menghadirkan Adwords Google. Di situ kita bukan cuma bisa riset tentang keyword yang biasa diketik orang di search bar, tapi juga bisa melihat banyaknya pencarian, grafik bulanan, bahkan grafik tahunan. Riset jadi lebih mudah di mesin pencari.

SEO dan Google Adwords

Apa sih enaknya duduk di urutan bawah sebuah pencarian? Gak ada bro.. Siapa yang akan kenal anda kalau website anda masih nangkring di luar (minimal) halaman 2 Google? Maka dari itu, berbeda dengan sosmed, dimana postingan awal akan ketimpa dengan postingan terbaru. Google memberi kemudahan dengan adanya SEO dan iklan berbayar yang disebut Adwords. Dengan dua senjata ini, kemungkinan website anda duduk di posisi atas akan lebih mudah. Meskipun, kalian mesti tetap rajin sih update konten.

Dan akhir kata, inilah hasil pertandingan SEM vs Sosial Media Marketing di leg pertama. Kita akan lanjut lagi di Leg kedua pertandingan ini nanti. TMDOTCOM, undur diri sejenak. Jangan lupa, baca-baca artikel kami yang lain, karna soal Majalah Marketing Online, kami yang ter-asik.

 

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*