Rame-Rame Mandi Air ES dan Dukung Penderita ALS

Rame-Rame Mandi Air ES dan Dukung Penderita ALS

Dua minggu terakhir ini dunia internet lagi ramai sama yang namanya mandi es. Iyap, mandi air beku dan super dingin. Guna nya apa? Darimana ide ini muncul? Siapa penemu nya? TMDOTCOM bahas disini.

Pertama-tama, mandi es ini muncul sebagai dukungan moril terhadap korban penderita penyakit amytrophic lateral sclerosis (ALS). Apakah ALS itu? ALS adalah penyakit yang menyerang bagian sumsum tulang belakang dan sel saraf otak manusia. Penyakit ini membuat badan manusia lumpuh sebagian, karna bagian yang diserang adalah saraf motorik. Orang terkenal yang menderita ALS adalah, Stephen Hawking.

Sayangnya, penyakit ini belum ada obatnya.

Siapa yang memulai? Belum jelas, karna tau-tau mandi es ini sudah viral di Youtube. Konsep nya seperti apa? Jadi begini, dimulai dari 1 orang yang akan mandi es, dia harus menantang 3 orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam kurun waktu 24 jam. Setelah melakukan tantangan ini si pelaku akan menyumbangkan sejumlah uang ke website ALSA.org .

Tapi sayangnya tidak semua orang yang ikut ice bucket challenge pasti mendonasi kan uangnya.

Dari kacamata kesehatan (Tsahhh..) mandi es secara tiba-tiba ini jelas tidak sehat. Bisa masuk angin dadakan. Karna pada dasarnya tubuh manusia itu panas, jika tiba-tiba dihajar dengan suhu rendah alias dingin, ya masuk angin dah. Pinter kan penjelasan kami?

Dari segi marketing, apanya yang hebat?

Menurut kacamata (renang) kami, siapapun yang memulai ide ini sungguh cerdas dan kreatif. Karna begini, kami merasa, jika ada sekelompok orang dari ALSA.org yang datang untuk minta sumbangan, pasti gak ada yang kasih, kalau ada juga dikit. Maka dari itu, ALSA.org mesti bersujud sukur ke orang yang bikin ice bucket challenge. Konon, katanya sejak hari ini total donasi yang masuk mencapai US$ 48,1 juta. Mantep?

Ada 3 teknik marketing yang bisa dipelajari:

1. Tantangan

Siapa yang tidak suka meladeni tantangan? Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang penuh gengsi. Kalau tidak ikut tantangan lawan, nanti dianggap cupu. Makanya ice bucket challenge ini bisa viral karna ada unsur “Challenge” di dalamnya. Anda mungkin terinspirasi bikin kampanye yang sejenis?

2. Permainan

Sejak dahulu kala, ketika harimau masih merokok. Marketing dengan pola games lebih disukai ketimbang teknik marketing lain. Bukan mengecilkan teknik lain. Tapi orang-orang emang lebih suka main games sih. Buktinya gamers bertumbuh pesat dan jenis games juga bertumbuh tiap tahun, baik itu video games atau smartphone.

3. Internet Marketing

Nah, tetap, finishing nya dilakukan oleh internet marketing. Dalam hal ini media berbagi video, Youtube.

Buat yang mau lihat lebih jelas tentang ICE Bucket Challenge. Cekidot..

Itu dari Bill Gates.

Mark Zuckerberg

Stevan Jovetic

Triple H

Vince Mcmahon

Taylor Swift

Cristiano Ronaldo

Barrack Obama

Don’t Forget to Donate! And fight ALS with #ICEBUCKETCHALLENGE

 

 

 

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*