Rahasia Merancang Email Marketing yang Menarik

Rahasia Merancang Email Marketing yang Menarik

Email marketing saat ini lagi hits. Banyak usaha-usaha, toko online dan sejenisnya yang memanfaatkan email marketing sebagai cara untuk menjangkau konsumen mereka, menyebarkan informasi baru, membagikan promosi baru, dan menarik mereka ke dalam website, untuk apa? Untuk menghasilkan penjualan pastinya.

Pertanyaan nya, gimana cara kita untuk menarik orang yang baca email jadi ke website, gimana cara nya merancang email ini semenarik mungkin?

1. Subject yang Menarik

Beda dengan buku, email dilihat dari penampilan luarnya. Jika tidak menarik, siapa yang mau buka? Kalimat atau kata-kata di kolom subject harus menampilkan sesuatu yang memancing orang untuk meng-klik email anda, bukan klik bagian checklist dan delete. Facebook mungkin melarang anda untuk membuat baiting title , tapi di email marketing, itu sah.

2. Menyapa

Salah satu masalah dari email marketing adalah saat anda menyapa konsumen. Biasanya kalimat sapaan sudah disetting sesuai template untuk menyapa nama email, kayak gini “Halo ivan suganda” itu kalau emailnya gak alay. Kalau nama email nya alay bisa jadi kayak gini “Halo Ivan si anak manja”. Gak keren kan? Makanya, setting sapaan ini harus dibuat dengan baik. Tujuan nya apa? Biar orang yang disapa merasa lebih dihargai.

3. Tampilan Email

Tampilan ini sangat penting. Karna semakin menarik maka akan semakin suka dilihat orang. Ya, email ini memang bentuknya cuma template sederhana, tapi tetap saja orang yang anda tuju ingin agar ini mudah dimengerti kan? Satu hal terpenting adalah email ini harus responsif saat dibuka di smartphone.

4. Ukuran File

Ukuran sebuah file juga penting. Jika terlalu besar, maka otomatis akan berat saat dibuka. Dan jika loading nya memakan waktu lama, bisa-bisa keburu di close nanti sama konsumen anda. Tips: Kalau memang perlu kirim file besar, masukkan aja file itu dalam link artikel di website anda. Jadi email nya cuma berisi link doang.

5. Call to Action (CTA)

Apa sih tujuan akhir dari email marketing ini? Tentunya orang belanja di website kita kan? Atau jika ini website media, tentu saja datengin visitor. Nah fitur CTA ini lah yang mesti ada, tulisan atau tombol “Beli sekarang”, “diskon hari ini”, dll nya akan menggoda pembaca untuk meng-klik.

Ya, kira-kira begini deh tips email marketing dari kami. Kalau ada yang mau baca keuntungan menggunakan email marketing, ada disini.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*