Piala Dunia! Saat yang Tepat Untuk Numpang Tenar.

Piala Dunia! Saat yang Tepat Untuk Numpang Tenar.

Numpang tenar? Ya, betul banget. Piala Dunia adalah saat yang paling enak untuk anda menjalankan berbagai taktik promosi, mengenalkan produk dan bisnis anda ke masyarakat, dengan modal yang sesuai dengan kantong anda. Kenapa begitu? Anda harus tahu, Piala Dunia FIFA disaksikan sekitar 1 Miliar penduduk Bumi. Artinya, jika anda perusahaan global, berarti ada kemungkinan 1 Miliar pasang mata melihat nama anda, sebagai sponsor utama FIFA.

Tapi kami tidak sanggup jadi sponsor FIFA, TMDOTCOM.

Huh..sudah kami duga. Ya okelah, kalian tidak perlu jadi sponsor FIFA, kami juga tidak mau, soalnya mahal. Jadi gini, di dunia marketing, ada yang namanya Ambush Marketing. Bicara gampang nya, ambush marketing ini artinya menumpang ketenaran seseorang, untuk membuat nama kita terkenal. Atau simpel nya, numpang tenar.

Contoh: Ada sebuah stasiun Radio yang bikin kuis, dengan hadiah jalan-jalan ke Brazil lengkap dengan tiket nonton pertandingan Piala Dunia.

Itu dia yang disebut Ambush Marketing. Kira-kira, begitulah pengertian dari Ambush Marketing. Paham? Good!

Di Indonesia, bisa dipastikan dari 230 juta penduduk, 100 juta nya pasti nonton pertandingan Piala Dunia (Percaya deh sama kami).

Dengan cara apa mereka mengikuti pertandingan?

1. Televisi

2. Streaming

3. Tv Cable/Tv Berbayar.

4. Twitter

5. Facebook.

Di lima lokasi inilah para pebisnis bisa menumpang tenar dari Piala Dunia, meski bukan partner resmi FIFA. Karena kami berbasis sebagai internet marketer, maka yang dibahas yang lokasi nomor 4 dan 5.

Apa yang bisa dilakukan sosial media dalam membantu anda untuk ikutan terkenal di tiap pertandingan Piala Dunia?

1. Livetweet

Livetweet adalah melaporkan jalan nya pertandingan via twitter. Anda bisa berpartisipasi untuk ikutan dalam livetweet ini, sekaligus memberi informasi pada pelanggan anda. Jangan lupa, gunakan hashtag (#) agar lebih mudah dikenal.

2. Tebak Hasil/skor/dll

Kasih kuis, beri hadiah. Simpel aja, hadiah pulsa sudah cukup bikin orang untuk mau ikutan. Pastikan ada syarat tertentu untuk ikutan game ini, yang gampang aj, misal: Follow akun twitter anda.

3. Caption Quiz

Caption Quiz ini mesti yang bertemakan sepakbola loh, jangan sembarangan gambar. Kan ini tentang Piala Dunia, masa pakai gambar yang gak nyambung?

4. Kuis Prediksi dan Analisa.

Ini memang rada serius sih. Cocoknya digunakan di Facebook, karna di Facebook tidak ada batasan jumlah karakter untuk tulisan. Otomatis orang bisa nulis prediksi sepanjang-panjang nya sampai mabok.

Anda masih kurang ide untuk promosi di sosial media? Mampir dulu deh ke Ide Promosi di Facebook biar lebih tercerahkan.

Ada ide lain? Share di kolom komentar.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*