Pengertian Email Marketing

Pengertian Email Marketing

Kali ini kita bakal membahas apa yang disebut dengan Email Marketing (Beberapa orang menyebutnya Email Blast). Yap, berjualan dan mempromosikan produk dan program anda via email, inti nya disitu. Sebenarnya, apaan sih email marketing itu, seberapa besar efek nya?

Kita jabarkan satu per satu, biar gampang. Kalian pasti udah tau lah ya email itu apa? Hah? Belom tau? Sana buka kamus dulu.

Email Marketing adalah sebuah cara berjualan dengan mengirimkan email ke calon customer anda. Kenapa disebut marketing? Karna konten atau isi dari email yang dikirim adalah barang yang anda jual. Selain itu, email marketing juga berguna untuk memperkenalkan produk anda yang baru. Misal: Selama 2 tahun terakhir, anda berjualan sandal jepit. Mulai periode ini, anda akan menambahkan Bakiak sebagai varian terbaru dari sandal anda. Kirim email marketing ini ke para customer lama dan calon customer baru dari database email yang anda punya.

contoh email marketing, tukangmarketing.com

Contoh nya begini.

Dimana kalian bisa menemukan email marketing? Kalian bisa nemuin ini dalam Inbox atau Spam box email kalian. Betul, banyak email yang anda kirim akan berakhir dalam kotak Spam customer anda, dan mungkin tidak terbaca oleh mereka. Ini kendala dan kelemahan utama email marketing.

Kenapa bisa nyasar ke Spam? Pada dasarnya cara yang digunakan untuk mengirim email marketing adalah mengirimkan pesan dalam jumlah banyak di waktu bersamaan. Nah, menurut akun2 email, ini adalah sebuah spamming. Makanya seringkali email kiriman anda berakhir di spam.

Kelemahan kedua dari Email Marketing adalah, ketika kalian mengirim satu email pada jam 8 pagi, penerima akan menerima email pada jam 8 pagi juga. Ketika kalian mengirimkan email blast (pasti jumlah banyak), penerima belum tentu menerima pesan kalian di waktu yang sama. Karena kecepatan tiap provider email berbeda, ada yang 2500 pesan/detik, ada yang 1000 pesan/detik.

Lalu gimana cara nya kita bisa kirim masuk tepat ke inbox? Tenang, inilah kenapa kalian harus berpedoman pada TukangMarketing.com, ada sebuah jasa pengiriman email blast bernama Aweber, mereka menjanjikan kiriman email anda masuk ke inbox dengan tepat dan di rentang waktu hitungan detik. Tapi Aweber ini bayar loh, saat artikel ini dibuat, harga per bulan nya $19. Yah hitung-hitung modal buat promosi lah. Kalau mau gratisan, bisa pakai Mailchimp dan Get Response.

Yak, sekian dulu episode pertama tentang Email Marketing. Ciaooo..

 

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*