Mitos Salah Antara Google ADwords dan SEO

Mitos Salah Antara Google ADwords dan SEO

Adwords dan SEO memang berhubungan. Ibaratnya, mereka berdua ini seperti kakak dan adik. SEO sebagai kakak sudah muncul lebih dahulu beberapa tahun sebelum Adwords. Tapi, namanya manusia, pasti tidak ada yang sama. Beberapa kalangan menyebut bahwa apa yang dilakukan Adwords akan berpengaruh ke SEO, begitu juga sebaliknya. Dan inilah beberapa mitos salah tersebut.

1. Pasang Adwords = Naik Rank organik.

Nah ini dia yang asik banget. Dengan membayar sejumlah uang ke Google, otomatis kamu dapetin iklan di halaman pertama, plus website kamu naik rank juga ke halaman pertama, mungkin atau sekedar naik rank secara organik. Kamu pasti mau kan? Biar jadi paket hemat. Sayangnya, ini mitos yang salah. Iklan naik, tapi secara organik, web kamu tetep aj ngetem di posisi awal.

2. Kanibalisasi Antara Jumlah Klik di Adwords dengan SEO.

Antara iya dan tidak. Tidak sepenuhnya salah, juga tidak bener-bener amat. Pastinya gini, kamu bisa menggunakan taktik iklan dengan adwords untuk kampanye marketing kamu, yang tentu aja kalau pakai SEO bisa makan waktu lama, keburu periode nya kelar, web baru naik di halaman satu. Kalau kanibalisasi, kayaknya tidak. Di Google analytic sendiri sudah ada pemisahan antar klik organic dengan berbayar.

3. Posisi Iklan di Adwords Dipengaruhi Page rank Web.

Hmm..Ya kagak lah ini mah. Kalau begitu, apes banget web baru lahir atau web yang gak dioptimasi SEO nya. Adwords dan Page rank adalah dua hal yang berbeda meski ada di satu rumah. Ibarat panci dan sendal, sama-sama kamu pakai, tapi gak mungkin kan masak nasi dengan sendal? Artinya, penentu posisi adwords ada di quality score, relevansi iklan dengan keyword, dan landing page kamu. Juga duit kamu, kalau kamu ikut bidding.

4. Optimasi SEO Tidak Perlu Biaya.

Ah ini bener banget, kamu bisa kerjain sendiri, kalau kamu jago. SEO adalah kegiatan yang menguras strategi, skill, kreatifitas. Ibarat main sepakbola, kalau tanpa pelatih, kamu paling cuma mentok di level kampung. Kalau pakai pelatih jago sekelas Jose Mourinho, kamu bisa ke level Eropa. Biaya yang kamu keluarkan ini untuk menyewa jasa pelatih atau praktisi Jasa SEO seperti tukangmarketing.com ini.

5. Traffic dari Adwords Lebih Bagus Daripada Traffic Organik

Pengaruh nya ke konversi sales ya. Hmm..tidak juga sih. Darimanapun trafficnya, yang bikin ngaruh apakah orang akan belanja atau tidak justru dari produk jualan anda, user experience (UX) website anda. Kalau kualitas barang yang dijual jelek, ya sama aja boong sih segimana pun traffic yang masuk.

6. SEO Bagus = Tidak Perlu Adwords.

Nah ini dia, ini sih pilihan ya. Tidak ada salah atau benar. Menurut kami, penggunaan Adwords dan SEO itu berbeda. Harus disesuaikan dengan taktik. Ingat, SEO adalah tujuan jangka panjang, sedangkan adwords jangka pendek. Maka dari itu, untuk beberapa hal seperti kampanye marketing yang ngaruh nya ke suatu halaman tertentu, penggunaan adwords adalah pilihan terbaik dibanding SEO.

Ada mitos lain yang kamu dengar? Share di kolom komen ya.

Categories: SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*