Membahas Konsep Marketing Sinetron Indonesia

Membahas Konsep Marketing Sinetron Indonesia

Selalu menarik membahas dunia hiburan, terutama dunia per-televisi-an. Kali ini TMDOTCOM ingin membahas konsep cerita dari sinetron Indonesia. Karna konten buat kami adalah kekuatan marketing, maka konsep cerita = konsep marketing. Masuk akal atau maksa? #BodoAmat

Sebetulnya isi cerita yang keren pastinya jadi bahan jualan yang bagus juga dengan hasil yang (semoga) bagus kan? #MasihNgotot

Jadi..apa aja sih yang bisa bikin sebuah sinetron laku di Indonesia ini?

1. Banyak Episode

Alias kejar tayang, setiap hari ada. Kenapa harus begini? Karakter orang Indonesia, jika kamu melakukan sesuatu jarang-jarang, maka kamu lupa. Sama seperti acara televisi, jika tanggapan pemirsa di episode awal bagus, hajar langsung setiap hari. Jangan kayak drama barat, seminggu sekali, ya lupa lah buat nonton.

2. Judul Pasaran

Suatu masa, judul semua sinetron tentang nama seseorang. Suatu hari lagi, tentang religi seperti “Tukang Sandal naik haji, Sepeda Tuhan, Allah maha tahu.”. Yap, ketika kamu memilih judul, pilihlah yang lagi ngetren.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

3. Jalan Cerita

Di TV A, konsep cerita nya tentang anak tiri yang dihajar ibu nya setiap hari. Maka, Tv B pun harus menayangkan konsep yang mirip, katakan lah tentang anak tiri yang dihajar sang Bapak yang suka mabuk-mabukan lem fox.

4. Kekuatan Super

Itu bola apa sih?

Era 90an, sinetron Indonesia sempat didominasi manusia-manusia berkekuatan super, katakan lah seperti Gerhana, Saras 008, Panji Manusia Panci, Brama Kumbara, Wiro Sableng,dll. Lama vakum, tema ini naik lagi di 2014. Ada Ganteng-Ganteng SeringGila, dll. TMDOTCOM menilai, tema kekuatan super tidak akan pernah mati, sengaco apapun ceritanya.

5. Islamisasi 

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Ranum? Kayak Buah

Maap sebelumnya yang muslim. Melihat Indonesia mayoritas rakyatnya memeluk agama Islam, maka tidak lah salah jika konsep cerita sinetron harus mengangkat nilai-nilai Islam. Jangan coba-coba selipin pemeran yang dalam cerita beda agama dengan pemeran lain, nanti gak laku. Mungkin. #Uhuk #AdaLimaAgamaPadahal #Kagak #Kreatip

Dan di akhir episod, jangan lupa, siapin juga format DVD nya. Siapa tahu bisa dijual beberapa tahun ke depan untuk koleksi.

Ada tambahan? Share di kolom komentar.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*