MEA, Tantangan Baru Pebisnis Online Indonesia

MEA, Tantangan Baru Pebisnis Online Indonesia

Artikel ini bakalan sedikit membahas soal marketing. Jadi, mohon maap ya agan-agan. 🙂

Apaan sih MEA?

MEA itu Melakukan kEgiatan hAram.

Bukan..

MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean yang bakal dibuka di tahun 2015 nanti dalam tajuk AFTA (Asean Free Trade Area), yang kalau di-bahasa Indonesia kan kira-kira menjadi Perdagangan Bebas di Asean. Paham sampai sini?

Baiklah, kini TMDOTCOM mau membahas, apakah MEA ini nantinya jadi tantangan atau malah halangan untuk pebisnis Indonesia, khususnya para startup yang tentu saja baru memulai bisnis mereka.

Sayangnya, MEA ini bisa menjadi tantangan sekaligus halangan untuk kita semua. Mari kita bahas..

Halangan

Halangan bagi pengusaha Indonesia ada pada orientasi nya. Seringkali orientasi kita hanya di lokal, padahal kalau kata pak Faisal Basri, kita bisa menguasai pasar negara lain juga di ASEAN.

Halangan kedua muncul dari konsumen. Seperti yang kita tahu, gosipnya, orang Indonesia gemar memandang produk luar negri lebih bagus daripada produk nasional. Misal, bola sepak buatan ADIDAS yang di produksi di Indonesia, bisa jadi tidak laku jika tidak dikirim ke Jerman dulu, lalu di ekspor balik ke Indonesia yang menyebabkan harga naik berlipat. Nah kalau udah nyampe balik ke Indonesia dari Jerman, kan ada alasan untuk bilang “Ini barang Jerman bro.”. Sedap.

Halangan Ketiga, menurut pak Faisal Basri, negara tidak terlalu mendukung industri kreatif agar kita bisa bersaing dengan pengusaha dari luar. Karna ternyata, anggaran untuk industri ini telah banyak kesedot untuk subsidi BBM dari jaman dulu.

hahahahahahahhaahahahaha….

Dan kita pun masih demo tanpa mikir gunanya 2 ribu yang dihilangkan.

Tantangan

Pasar Indonesia itu besar dan luas. Lebih luas lah daripada otak ormas yang suka demo aneh-aneh itu. Dengan pasar yang luas ini, kamu bisa memanfaatkan nya untuk latihan. Ya jika minimal kita bisa menguasai pulau Jawa, masa iya Singapur gak bisa dikuasain sih?

Sejak jaman dahulu, para pedagang Indonesia udah banyak yang jualan di luar negri, mulai dari India hingga Afrika. Bahkan alasan Portugis ke Indonesia awalnya juga untuk dagang dan belanja rempah-rempah. Itu menandakan sebetulnya orang Indonesia emang jago buat dagang. Masa kamu kalah dari orang jaman dulu?

Ini juga jadi tantangan buat pemerintahan era Jokowi, untuk memperbaiki regulasi yang lemah dan penuh celah. Biar para pengusaha Indonesia, berani bersaing. Dan tentu aj, kalau regulasi sehat, persaingan juga bakalan sehat. Ada gak sih regulasi buat Jasa SEO?

Dan terakhir, pengusaha Indonesia bisa loh menguasai arena online negara lain. Beneran, bisa mengusai pasar online negara tetangga, yang penting pemilihan Jasa SEO yang terbaik aja.

Jadi, kalian siap menghadapi AFTA 2015?

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*