Kenapa Sepakbola adalah Olahraga Terfavorit di Bumi?

Kenapa Sepakbola adalah Olahraga Terfavorit di Bumi?

Banyak orang bilang..

“Apa sih serunya main sepakbola? Itu bola satu direbutin rame2?”

Tapi..bodo amat. Kita bicara tentang fakta kalau Sepakbola adalah cabang olahraga yang paling digemari manusia Bumi. Setiap negara orang akan duduk manis untuk menonton pertandingan sepakbola, perang saudara di Irak pun akan diam ketika timnas Irak tanding di Piala Asia. Darimana ceritanya sepakbola bisa begini mendunia? Apa yang dilakukan orang-orang yang terlibat di dalam nya?

Jika bicara soal Marketing di sepakbola, kita harus menyebut Manchester United, David Beckham, Jersey kit, Media, Budaya. Inilah lima faktor yang membuat sepakbola dikenal di seluruh pelosok negeri.

1. Manchester United

Klub Inggris ini adalah biang nya dari segala invasi sepakbola di seluruh benua. Mereka memulai invasi di benua Amerika saat pramusim1999/2000 saat yang tepat karna di musim sebelumnya, mereka meraih Treble Winners (3 gelar dalam 1 musim). Awalnya kedatangan United di Amerika ini seperti angin, berlalu begitu saja. Maklum, Amerika lebih ramah untuk Basket dan American Football. Justru puncak kedatangan United ada di musim berikutnya, ke Asia. United bukan tim pertama yang ke benua Asia untuk pertandingan persahabatan, tapi di era sepakbola modern, era industri, mereka yang pertama. Jelas, jalan-jalan mereka ke Asia, Afrika, America, bukan sekedar bertanding lawan tim lokal, tapi menjarik fans baru. Saking dahsyatnya pasar Asia, United menetapkan setiap tahun ganjil mereka ke Asia, dan tahun genap untuk Amerika, dll nya.

2. David Beckham

Seorang pesepakbola jadi bintag iklan sepatu olahraga. Biasa banget. Gimana kalau pesepakbola jadi bintang iklan berbagai merek produk yang tidak nyambung dengan sepakbola? Itu David Beckham. Dari fashion, aksesoris, kesehatan, kosmetik, dll ,semua sudah diembat oleh Becks. Punya istri artis jelas mendongkrak nama Becks untuk ada di jajaran selebritis, kebetulan gaya dan muka nya pun menunjang. Becks adalah ikon global sepakbola. Siapapun yang menggunakan jasanya, pasti dikenal. Becks adalah marketing nya sepakbola.

3. Jersey Kit

Awalnya, seragam sebuah klub ya hanya seperti seragam pada umumnya. Tidak ada gaya, tidak ada kelas, yang penting nyaman dipakai. Makin kesini, seragam sebuah klub atau disebut jersey, makin modern, makin gaya, jersey bukan lagi sebuah seragam untuk tanding, tapi jadi model fashion tersendiri. Setiap klub saat pramusim pasti heboh untuk bikin konfrensi pers, cuma untuk luncurin jersey mereka. Bahkan, biar makin menjangkau semua kalangan, jersey dibikin berbagai ukuran dan jenis, termasuk untuk wanita dan anak-anak. Sedap!

4. Media

Sejelek-jeleknya berita yang disampaikan oleh media, tetap saja orang yang jadi bahan berita akan terkenal. Ingat bad news=good news.  Dengan adanya media, yang menurut saya makin kesini topik yang disorot soal pesepakbola makin gak nyambung, malah semakin diminati masyarakat. Drama, kontroversi, kehidupan, dikupas habis. Pemain sepakbola mulai se-level dengan selebritis.

5. Budaya

Lain padang,lain belalang. Di Indonesia, sepakbola begitu diminati, baik bicara soal klub Eropa atau klub lokal. Semua ada basis fans nya. Bagaimana dengan Bangladesh? Belum tentu klub Eropa akan disukai disana. Atau Brazil? Jepang? Di Brazil dan Jepang, cita-cita pemain lokal disana adalah ke Eropa, tempat dimana sepakbola bernaung. Belum main di Eropa sama dengan gak gaul. Budaya-budaya gila bola ini seringkali dimanfaatkan oleh klub-klub berduit untuk didatangin,dijadikan bahan promosi. Lengkap!

Ada yang mau nambahin review dari kami ini? Ya itung-itung ada kontribusi untuk sepakbola di majalah internet marketing gini.

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*