Kenapa Design Bagus Itu Penting?

Kenapa Design Bagus Itu Penting?

Mungkin, beberapa dari kalian, pernah melihat gambar design sebuah iklan kendaraan di Indonesia. Gambarnya begini nih.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Ada 5 poin kejanggalan dari gambar itu. Biar lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar yang ini:

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Ini bener

Sudah nemu ya perbedaan nya? Kami gak sebut merek dari kendaraan yang diiklankan. Tapi kami menangkap dan menduga, ada beberapa faktor kenapa gambar design nya seperti ini.

1. Budget rendah sehingga designer pun memberi hasil murahan.

2. Anggap remeh sebuah design.

Sebetulnya, poin 1 dan 2 bersinggungan banget sih. Berdasarkan pengalaman kami di dunia jasa internet marketing, ketika klien menganggap remeh sebuah design maka dia akan mengeluarkan budget rendah untuk menyewa seorang designer. Designer yang diberi fee kecil, pasti akan memberikan hasil sesuai fee nya. Namun, bisa juga perusahaan tersebut memang tidak punya uang sih.

Di Indonesia, design yang bagus masih menjadi hal yang dianggap kecil bagi sebagian kalangan. Kenapa? Menurut penelitian kecil kami, orang masih anggap gambar adalah sesuatu yang tidak menarik banget untuk sebuah penjualan. Ya benar, orang akan beli barang setelah lihat gambar, tapi beberapa dari orang-orang menganggap daripada taruh investasi besar untuk designer, lebih baik mereka taruh investasi nya di bagian lain. Sales misalnya.

Contoh mudah pengaruh sebuah design dalam logo adalah..

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Mahal

Sebuah kopi doang, yang digelas putih polos nya dikasih logo, bisa jadi harga yang mahal. Mungkin ini bukan cuma efek dari si design logo nya saja, tapi ada peran branding nya juga di dalamnya. Tapi, coba banyangkan kalau divisi branding udah bikin cerita sedemikian rupa, tapi di gelas nya putih doang. Apa ada orang mau beli? Dan jika orang itu beli, apa iya harganya jadi mahal?

Apapun yang ditempel logo Starbucks, sekarang jadi mahal. Meski itu bukan kopi.

Jika contoh Starbucks agak sulit dicerna, kita bermain dalam sebuah logika aja. Saya beri kamu 2 pilihan:

1. Buku dengan sampul putih polos.

2. Buku bergambar pemandangan sungai, ada judul, ada body text.

Jika kamu ditanya “Mana yang kamu suka dari 2 benda ini?”. Saya percaya orang-orang akan sebut nomor 2. Kecuali dia hipster, atau dia mau melukis sendiri, mungkin nomor 1 yang dipilih. Anda bisa cerna sendiri contoh logika ini.

Identitas.

Design yang bagus dan tepat memberikan produk atau usaha kamu sebuah identitas. Orang akan mengenal usaha kamu seperti apa. Apakah kreatif, cantik, elegan, gagah, dan sebagainya. Atau sebagai perusahaan yang pelit, kejam, gelap, dll.

Alat promosi.

Design yang bagus sangat berguna untuk alat promosi. Jujur saja, tanpa diminta pun, anda pasti lebih suka melihat hal baik daripada buruk kan?

Jadi, kamu masih suka bikin design yang jelek atau sudah tobat?

 

 

 

 

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*