Kamu Yakin Masih Mau Jualan di Sosial Media?

Kamu Yakin Masih Mau Jualan di Sosial Media?

Internet adalah tempat jualan paling enak. Harganya murah, jangkauan nya sangat luas, pasar nya beragam dan banyak. Di era ketika internet lahir, semua orang berbisnis via website. Seiring kemajuan jaman, muncul lah berbagai jenis sosial media. Sosial media adalah sebuah aplikasi yang menghubungkan orang dari berbagai benua untuk saling bersosialisasi.

Untuk beberapa kalangan, sosial media adalah tempat yang tepat untuk jualan. Minimal, kalau tidak jualan, ini tempat yang tepat untuk memperkenalkan produk mereka atau kampanye marketing.

Sosial media pertama yang nge-tren di Indonesia adalah Friendster, mereka mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Dan selanjutnya, menjadi cerita yang bagus buat para pedagang online.

Akan tetapi, muncul sebuah keraguan dari kami. Jika selama ini kalian jualan dari sosial media, maka kalian pasti capek banget. Jadi, kami pun bertanya, kamu yakin masih mau jualan di sosial media? Karena sosial media itu…

1. Banyak Jumlahnya.

Dengan sosial media sebanyak itu, kamu mau coba yang mana? Fokus gak kamu kalau harus update banyak konten? Dan lagi, emang kamu rajin?

2. Jangkauan Terbatas

Jualan di sosial media hampir gak ada bedanya dengan jualan secara offline. Kamu hanya bisa meraup orang yang menggunakan akun tersebut, plus, orang yang follow kamu. Kalau dia tidak punya akun sosial media, seperti instagram, dia gak mungkin tau kamu kan? Atau, dia punya IG, tapi tidak follow kamu, ya sama aja.

3. Usia Sosial Media

Berapa sih usia rata-rata sebuah sosmed? Tidak ada yang tahu pasti, Facebook sendiri hampir kolaps beberapa tahun lalu. Beruntung mereka cukup jenius untuk menambah pundi harta dengan inovasi Fb Ads. Kalau kamu tahu Friendster, sebuah akun pertemanan yang lebih senior ketimbang FB, mereka dulu adalah raja. Dan kini bernasib jadi aplikasi game online kagak laku. Nah ketika ini terjadi pada media jualan kamu sekarang, otomatis, kamu harus ulang dari nol untuk meraup pasar lagi di tempat yang baru. Selamat!

4. Usia Pengguna Sosial Media

Ketika sebuah sosial media diluncurkan, orang akan heboh dan menggunakan sosmed tersebut. Pertanyaan kami, berapa lama mereka akan pakai akun sosmed nya? Pengguna Instagram di Indonesia telah menunjukan kalau mereka paling lama hanya 3 tahun pakai akun nya. Berdasar riset kebiasaan orang-orang di Instagram. Tentu usia pengguna ini tergantung dari seberapa inovatif nya sosmed tersebut. Kalau dari dulu-sekarang gitu-gitu aja, ya siap-siap aja sih ditinggal atau diganti dengan yang baru.

Nah, ada lagi tambahan nya? Tulis di komen ya.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*