How Luis Suarez Create His Branding Image

How Luis Suarez Create His Branding Image

Luis Suarez kembali bikin cerita. Bukan, kali ini bukan soal gol indah ke gawang lawan, juga bukan soal pecah nya rekor baru dalam gol. Kali ini tentang Suarez (lagi-lagi) menggigit lawan nya. Korban ketiga kali ini adalah bek tengah Italia, Giorgio Chiellini. Semua berawal ketika Itali vs Uruguay (#ITA vs #URU) masih imbang tanpa gol. Uruguay yang saat itu lagi menekan habis Italia karna wajib menang untuk ke 16 besar jelas mati-matian dan stress karna Italia bertahan sangat kuat. Suarez yang ikut stress karna kalah duel dengan Chiellini tiba-tiba maen gigit pundak sang bek tengah. Sayang, wasit tidak melihat kejadian itu, sehingga tidak ada kartu merah melayang dari saku nya.

Dari kejadian ini, kami tertarik untuk membahas tentang Luis Suarez. Bahas apanya? Bahas tentang “Cara Suarez Membentuk Branding Image Dirinya” dong. Suarez ini seperti koin, punya 2 sisi yang berbeda. Disatu sisi, ia begitu indah, pemain sepakbola yang hebat, gol-gol indah, teknik, visi, operan, semua lengkap. Di sisi sebaliknya, Suarez adalah orang gila. Ketika frustrasi, ia bisa gila. Bertindak rasis, gigit orang, diving. Ya itu Suarez. Mari kita bahas 2 sisi ini.

1. Prestasi

Jika bicara prestasi, Suarez bukan lah pemain yang punya banyak gelar juara. Tapi Suarez punya banyak gelar pribadi. Terutama gelar top skor di beberapa musim kompetisi. Prestasi adalah cara paling logis untuk menjual diri anda. Semakin banyak prestasi yang anda buat, makin banyak yang suka anda. Itu pasti.

2. Class is Permanent

Betul, gak ada yang berani meragukan Suarez dalam soal skill. Dalam kondisi satu lawan satu, saya yakin striker Liverpool ini bisa melewati pemain tersebut dengan nutmegg (Kolongin bola lewat kaki). Artinya, dia emang punya skill mumpuni. Dan skill ini gak akan hilang kecuali ia mati. Ini bukan teknik marketing sebetulnya, ini lebih ke kemampuan anda dalam mengatasi segala rintangan. Contoh: Jika seorang teman menyuruh anda untuk mendeskripsikan rasa Pizza Meat Lover di Restoran Pizza Hut, apa yang anda katakan? Apapun yang anda jelaskan, itulah hasil kelas nya Meat Lover.

Ingat! Performance is temporary, Class is permanent.

3. Kontroversi

Orang akan lupa pada anda jika anda tidak punya sisi gelap. Lihat para artis, mereka bisa dikenal karna ada kontroversi. Ada gosip, ada hal-hal aneh yang mereka lakukan. Saya tidak mengajarkan anda untuk berbuat buruk. Tapi dalam berjualan, dalam membangun branding, anda harus berbeda. Sesuatu yang akan diingat orang pada akhirnya sebagai ciri khas produk anda.

4. Media Massa

Bad news=Good news. Suarez tahu hal itu. Media di Inggris adalah media yang lebay. Mereka paling suka dengan berita-berita kecil yang ujung-ujungnya dibikin besar. Mereka Mak Erot versi Inggris. Gak jauh beda dengan media di Indonesia. Sekali anda muncul di media, nama anda akan dikenal. Itu pasti.

5. Internet

Masuk media emang bikin anda dan Suarez terkenal. Tapi apalah artinya jika anda tidak masuk dunia internet? Ketika bisnis anda masuk dunia internet, muncul di berbagai akun sosmed, kalian pasti terkenal. Mau contoh?

Tuh ni video ditonton 610.941 (masih bisa naik) netizens. Coba kalau video anda yang ada disini, asoy kan? Sosial media management yang baik bakal bikin anda dikenal.

Berani coba branding produk anda seperti Luis Suarez?

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*