Google Adwords vs Facebook ADS

Google Adwords vs Facebook ADS

Di artikel terdahulu kami sempat membahas tentang Google Ads vs SEO, sebuah pertandingan antara berbayar vs gratisan tentunya. Dan kini kami ingin membahas lagi, kali ini berbayar vs berbayar namun beda lawan, Google ADS vs FB ADS.

Jika anda berjualan online, saya yakin anda sudah agak paham soal Search engine marketing seperti ini. Google ads maupun FBads merupakan cara yang bagus untuk berpromosi (dalam hal ini berbayar) di dunia internet. Pengguna Facebook banyak banget, meski tidak sebanyak pengguna Google, tapi kekuatan mereka boleh diadu.

Lalu, jika melihat dari segi kelebihan dan kekurangan, siapa yang unggul?

FACEBOOK ADS

Kelebihan:

Pada dasarnya Facebook adalah media sosial, sebuah media untuk berkomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu penggunaan iklan disini lebih ke arah word of mouth yang membuat iklan anda menjadi viral dan dilihat banyak orang. Ada 2 macam cara beriklan disini yaitu berdasar per klik dan berdasar penayangan (impression).

Cara penggolongan iklan disini pun sangat bagus karna mendetil banget. Pengguna Facebook ada banyak di dunia sehingga merangkum target market sedetil mungkin akan sangat bagus buat pemilik usaha, agar tidak meleset. Kenapa dibuat detil banget? Karna Facebook tidak memakai keyword seperti Google Ads.

Untuk memantau iklan anda, Facebook menyediakan FB Ads Manager. Jadi anda tinggal duduk manis sambil lihat statistik iklan yang dipasang.

Kekurangan:

Facebook tidak global seperti Google. Sehingga iklan yang anda buat hanya bisa dilihat oleh sesama pengguna Facebook juga.

GOOGLE ADS

Kelebihan:

Kelebihan Google adalah kekurangan FB, di Google, iklan anda bisa dilihat berbagai orang dari penjuru dunia yang mencari produk anda berdasar keyword yang anda buat. Jika anda menggunakan keyword berbahasa lokal ya cuma orang lokal yang bisa lihat, tapi jika bahasa inggris, mungkin lebih banyak yang bisa melihat. Semua tergantung anda.

Bagaimana dengan pengawasan iklan? Ada Ads manager juga di Google, sama seperti di FB. Tingkat akurasi Google dalam statistik juga ciamik. Sehingga anda gak perlu bingung dalam hal ini. Tentu sebagai mesin pencari terbesar, Google gak pengen lah kecewain pengguna nya yang seabrek.

Kekurangan:

Apa mau dikata, Google pun tidak sempurna banget lah. Google ini sangat selektif, bahkan saya bilang parno an. Kalau anda yang aneh sedikit dari iklan anda, atau melanggar sedikit, ujung-ujung nya bisa kena banned selama nya. Bukan banned kayak kartu merah di sepakbola yang masih cuma dihukum absen 1 pertandingan, Google lebih kejam.

Jadi, apa pilihan anda?

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*