Facebook: Pasang Status Jualan, Kena Denda!

Facebook: Pasang Status Jualan, Kena Denda!

Seharusnya Facebook memberi aturan ini sejak lama sih. 

Seperti yang kita tahu….eh kamu tau gak sih? Sebetulnya gak boleh loh jualan di akun pertemanan Facebook, kalau mau jualan di FB, mesti di fan page. Tau lah ya pasti.

Nah, kali ini Facebook mau bikin aturan baru buat siapapun yang berpromosi di status update, yang pastinya juga bakal nge-spam newsfeed kita dengan barang jualan nya, itu bakal kena denda yang dimulai dari $5 atau ya dihapus status nya. Ini yang rencanain si Dan Levy, Vice President Small Enterprise Facebook.

Belum diberitahu juga kapan Facebook akan memulai kampanye ini, tapi Facebook mulai menyortir status-status spam ini di Facebook sejak pertengahan Januari lalu. Moga-moga sih pembaca TMDOTCOM gak jualan di akun pertemanan, tapi di fan page. Pembaca kita kan pinter-pinter.

Beralih ke dalam negeri

Bakal ada pajak buat pedagang online di Indonesia. Wacana ini sebetulnya udah keluar sejak 2-3 tahun lalu. Tapi, seperti yang kita tahu, ini Indonesia. Wacana belom tentu jadi aturan, aturan belum tentu berjalan panjang. #uhukk.

Masalahnya cuma 1. Belum jelas siapa yang akan kena objek pajak. Karna di Indonesia, pedagang online besar jumlahnya cuma belasan, sedangkan level UKM dan kecil bisa ratusan.

“Kalau UKM kecil-kecil itu dikenakan PPn, ya kasihan,” ujar Ian Ferdiyan, community manager bukalapak.com, Selasa kemarin.

Iya bener, kasian pak. Apalagi yang masih startup begini, makan apa kita nanti?

Menurut data IDEA (Indonesia E-commerce Association) pendapatan online Indonesia meningkat hampir 100% di 2014 lalu. Gak heran kan negara mau dapetin pendapatan juga dari sini?

Pertanyaan TMDOTCOM sih cuma satu. Ada pajak oke aja kok. Kecepatan internet nya gimana?

 

Sekian, ada pendapat lain? Komen gih.

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*