Darimana Youtuber Dapat Uang?

Darimana Youtuber Dapat Uang?

Semua berawal ketika Google membeli Youtube di tahun 2006. Saat itu, Youtube cuma website kecil yang nampilin berbagai video, dan baru berusia 1 tahun. Entah angin atau hujan dan saran dari dukun mana, Google membeli Youtube yang masih bayi dengan harga 1,65 miliar dollar AS atau setara Rp 23,76 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS) . Pertanyaan para pengamat saat itu adalah “Apa iya Youtube pantas dibeli dengan harga setinggi itu?”. Pertanyaan ini sama seperti kalau ada pemain sepakbola baru umur 19 tahun, dibeli dengan harga 36 juta Poundsterling.

Pertanyaan soal beban harga tersebut kini sudah terjawab. Youtube menjadi satu satunya mesin pencari video terbesar sejagat. Kita bisa bilang kalau Youtube punya pesaing, katakan lah DailyMotion. Tapi, tidak sekuat Youtube.

Youtube kini bukan cuma mesin pencari video, tapi berkembang menjadi sebuah industri. Seperti Google, Youtube menciptakan peluang bagi pengunjung nya untuk dapetin uang. Di Google ada Adsense, di Youtube ada Youtuber.

Youtuber.

Adalah sebutan bagi orang(Individu/kelompok) yang meng-upload hasil karya video nya ke Youtube dan mendapatkan uang dari hasil iklan.

Dapat uang darimana?

Pasti banyak yang penasaran, mereka kerja cuma haha-hihi lalu dapat uang. Gimana caranya?

Begini, ada 3 cara Youtuber dapat uang:

1. Monetizing Options

Ketika Kamu upload video, biasanya ada pilihan monetize. Nah jika kamu setujui, makan nanti di video kamu bakalan ada iklan-iklan dari orang yang pasang dengan Google.

Nah, iklan yang dihitung oleh Google itu ada 3 jenis. Pertama, yang biasanya muncul sebelum video dimulai. Kedua, yang ada di bagian bawah ketika video berjalan. Dan ketiga, ada di pojok kanan atas video.

Sistem nilai di iklan ini adalah CPM (Cost Per Mile), jadi si Youtuber dibayar per 1000 view biasanya.

2. Brands

Jika di nomor 1 pengiklan itu datang dari Google, maka lain hal di nomor 2. Disini, si Youtuber sendiri yang menjalin kerjasama dengan pengiklan, tentu dengan nilai yang mereka tentukan sendiri. Kita tahu, bahwa di era ini, massa adalah raja. Orang akan melihat berapa banyak penonton nya, bukan siapa penonton nya.

3. Jadi Artis

Ya, kalo ini sih udah diluar nama Youtube deh. Sejak tahun lalu, kita udah melihat beberapa nama yang dikenal di kalangan TV. Mulai dari Sacha Stevenson, Raditya Dika, Eka Gustiwana, dll. Nama-nama ini awalnya semua dari Youtube. Mereka bikin konten yang menarik dan sudah melalui 2 tahap diatas tadi.

Sekilas ya begitulah para Youtuber dapetin uang. Kamu mau coba?

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*