Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner

Dalam dunia internet marketing, ketika anda mau memulai toko online, ada baiknya anda melakukan sebuah riset. Riset yang dimaksud disini adalah riset kata kunci. Yap, kalian harus tahu dan menemukan kata-kata kunci apa yang biasa digunakan oleh penduduk internet untuk mencari produk atau jasa yang kalian jual.  Kenapa? Karna dengan kata kunci itulah website anda akan ditemukan oleh calon konsumen produk anda.

Untuk riset kata kunci aka keyword, TMDOTCOM biasa memakai Google Keyword Planner, ini produk Google yang sebenarnya digunakan untuk orang-orang yang ingin pasang iklan di Google, mereka biasanya perlu riset keyword dan harga keyword tersebut untuk memasang Google Adwords. Tapi tidak masalah juga untuk para penggiat maupun jasa SEO karna Google Keyword Planner ini berguna untuk riset kata kunci, meski pun tujuan sebenarnya untuk para pemasang iklan. Nah, ayo kita mulai tutorial nya..

Langkah-Langkah Riset Keyword di Google Keyword Planner:

1. Masuk dulu ke http://adwords.google.com/

TukangMarketing.com

Klik Gambar Biar Gede.

Keterangan:

Nomor 1: Setelah masuk ke Google Adwords, langsung melipir ke menu Alat/Tools pilih Perencana Kata Kunci.

Nomor 2: Habis itu pilih telusuri ide baru. Ini guna nya nanti untuk mencari ide kata kunci yang relevan dengan produk anda.

2. Masukan kata kunci yang relevan dengan produk/jasa anda.

TukangMarketing.com

Keterangan:

Nomor 3: Ini kolom dimana kalian bisa masukin keyword yang ingin kalian cari dan hasilnya yang relevan dengan pencarian produk kalian. Bisa masukin lebih dari satu juga.

Nomor 4: Ini sih gampang lah. Kalian cuma perlu kelompokan target market produk kalian. Di paling bawah sebelah kiri ada rentang tanggal. Disana kalian bisa lihat seberapa ngetop keyword yang kalian riset tersebut dalam jangka waktu tertentu.

3. Hasil Pencarian Keyword.

TukangMarketing.com

Keterangan:

Nomor 5: Ini adalah hasil pencarian yang kalian inginkan. Pertama, pertahatikan dulu tulisan “Ide Kata Kunci” yang TMDOTCOM lingkari. Ini yang kalian klik, bukan sebelahnya yang “Ide Grup Iklan”. Sebagai contoh, website TMDOTCOM kan seperti majalah marketing online, maka dari itu sasaran keyword kami ya “Jasa SEO, Majalah Marketing, Majalah Marketing online.”. Gimana dengan kamu?

Nomor 6: Ini adalah hasil pencarian bulanan. Contoh keyword “Jasa SEO” dicari 22.200 kali oleh pengguna internet di Indonesia. Dan seterusnya. Gampang kan?

Nah sekian tutorial dari kami, semoga tidak menyesatkan. Kalau masih ada yang keder, langsung aj melipir ke Warung Kopi buat ngobrol lebih lanjut sama kami.

Categories: Internet Marketing, SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*