Bisnis Kamu Sudah Online Belum, Gan?

Bisnis Kamu Sudah Online Belum, Gan?

Balik ke bulan Desember tahun 2015 lalu. Indonesia dikejutkan dengan tumbangnya raksasa retail musik Indonesia. Yap, Disc Tarra menyatakan diri tutup di akhir tahun 2015. Jelas bukan berita baik jelang tahun baru.

Baru saja beberapa hari yang lalu, saya atau mungkin Kamu dikejutkan dengan tutupnya salah satu toko buku besar di Indonesia. Coba lihat toko apa yang tutup:

tukangmarketing.com | Jasa SEO

Rehat Dulu

Yap, toko buku Gunung Agung. Padahal, boleh dibilang TGA ini salah satu pesaing ketat Gramedia dari masa ke masa, hingga saat ini. Sama lah dengan Disc Tarra, TGA juga bukan toko retail sembarangan. Mereka legenda di industri nya masing-masing.

Siapa yang salah?

CEO salah satu handphone (HP) sejuta umat, Nokia, pernah berujar “Kami tidak pernah melakukan kesalahan, tapi kami kalah bersaing dari Blackberry, Apple, Android.”. Betul, pemilik bisnis TGA dan Disc Tarra tidak salah. Mereka betul-betul tidak melakukan kesalahan teknis seperti salah nentuin harga, salah bikin produk, salah pemasaran, atau salah karna kualitas buruk.¬†Bukan pemilik bisnis yang salah, tapi Konsumen yang salah.

Apa yang salah?

Betul, kalau bukan “Siapa” tentu “Apa” yang salah. Menurut kami, kalau pun ada kesalahan, maka ini terjadi secara eksternal, bukan internal perusahaan Kamu. Kami sebut Teknologi yang harus disalahkan. Yap, teknologi berkembang terus setiap tahun. Jangan kan tahun, makin kesini, tiap bulan selalu ada yang baru entah dibelahan dunia mana, dan akan disebarkan ke mana. Peradaban tidak bisa mencegah berkembangnya teknologi. Kamu, saya, dan Dia hanya bisa melihat sesuatu yang baru muncul. Dan manusia, seperti biasa, harus …

Adaptasi

Ingat! Teknologi terus berkembang maju, dan manusia tidak bisa mencegah hal itu. Makanya, kalau tidak bisa jadi musuh, jadikan teman saja. Adaptasi menjadi hal yang sangat perlu kita lakukan. Coba pikir, pernah gak mengira kalau sekarang kendaraan umum ojek bisa dipesan secara online? Sementara pesaing mereka demo karna merasa lahan nya direbut paksa oleh internet. Mereka yang demo adalah mereka yang tidak mau beradaptasi. Apakah Kamu termasuk yang ikut demo?

Kalau bisnis Kamu terasa lesu belakangan ini, ingatlah juga, bukan ekonomi Indonesia, bukan kesalahan teknis, tapi konsumen Kamu pindah yang banyak pindah ke dunia digital.

Ada dimana bisnis Kamu sekarang berada?

Tahun ini, TheTukangMarketing.com lagi ngadain banyak promo untuk belajar digital marketing di Indonesia maupun layanan digital marketing. Semua untuk kalian yang ingin memajukan bisnis di tanah digital.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*