Bikin Kuis di Twitter

Bikin Kuis di Twitter

Setelah liburan panjang..kami pun kembali. TMDOTCOM juga mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Oke, tanpa banyak cingcong lagi, kami ingin membagi berita seru dari ranah Twitter. Seperti yang kita tahu kalau sering main di Twitter, pasti pernah deh lihat ada akun yang ngadain kuis dengan hadiah inilah itulah. Ternyata, cara seperti ini efektif banget di Twitter ketimbang media sosial lain. Cara Seperti Ini yang saya maksud adalah kampanye sebuah program dengan mengadakan kuis berhadiah. Jadi, selain penyebaran informasi cepat, Twitter juga berguna untuk menggalang massa melalui sistem kuis berhadiah.

Coca Cola dan Starbucks pernah mengadakan sebuah kampanye yang disebut Tweet-a-coke dan Tweet-a-coffee. Nah biar gak penasaran, kami ceritain deh yang Coca Cola.

Pertama, kita mesti akuin kalau brand minuman soda yang satu ini emang kreatif bener. Campaign mereka udah banyak banget yang berhasil. Hebatnya lagi, campaign mereka ini kebanyakan bukan cuma soal jualan atau komunikasi, tapi juga menyentuh sisi sosial. Seperti yang bisa kalian lihat disini

Nah, kali ini si Coca Cola memanfaatkan Twitter sebagai media promosi nya lagi. Mereka bikin supaya orang-orang bisa belanja Coca Cola dan memberikan nya pada orang lain yang punya akun Twitter juga tentunya. Pengguna Twitter cukup memberikan sebuah link ke orang yang ingin diberi hadiah, dari link ini bisa ditukar dengan sebotol Coca Cola yang sudah dibayar via kartu kredit dan verifikasi Twitter.

Apa yang bisa ditangkap dari Coca Cola? Tentu keberanian dan riset. Coca Cola memanfaatkan media yang sebenarnya kalah dari Instagram ini. Harus diakui kekuatan Twitter dalam kampanye iklan memang kalah dari Facebook apalagi Instagram. Tapi kekuatan mereka untuk meraup massa ternyata lebih kuat ketimbang pesaing nya.

Sebetulnya seberapa efektif sih bikin kuis di Twitter begini? Seberapa bisa menarik calon pelanggan baru untuk jadi followers kita?

Menurut TMDOTCOM, efek yang dihasilkan dari program kuis berhadiah ini cukup besar dan memang bisa menarik perhatian banget. Tapi yang paling penting adalah anda mesti melakukan riset. Banyak akun Twitter yang bisa membantu anda untuk meng-RT twit tentang kuis yang anda buat. Lebih gampangnya, anda bisa coba riset Hashtag (#) di Twitter. Contoh keyword: #InfoKuis

Segala kampanye seperti ini memang harus banyak dilakukan percobaan. Dari hasil coba-coba inilah anda baru bisa menemukan komposisi mana yang pas untuk kampanye anda. Banyak hashtag yang berhubungan dengan kuis, tapi tidak banyak yang efektif. Terutama untuk mendapat target market yang sesuai. Sabar dan rajin riset kuncinya. Di dalam riset hashtag ini anda bakal banyak ketemu sama orang-orang yang gila ikut kuis, mereka bisa jadi senjata utama untuk men-share twit yang kita buat.

 

Selamat Berburu.

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*