Belanja Iklan Toko Online Meningkat Cepat

Belanja Iklan Toko Online Meningkat Cepat

Laporan ini datang dari Direktur Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina. Menurutnya belanja iklan pada semester pertama 2013 meningkat 82%, sementara di periode 2014 dan 2015 naik jadi 85% dan 91%.

Begitu pun di Indonesia, tingkat belanja iklan ini meningkat karna munculnya jaringan toko-toko online yang berbasis website, serta banyaknya pengguna Facebook di negeri ini.

Yah, fenomena ini sebetulnya tidak lepas dari peran masyarakat selaku konsumen. Secara logika, tidak mungkin anda jualan jika tidak ada pembeli, ya kan? Dan tidak mungkin anda pasang iklan jika tidak ada calon orang yang lihat iklan anda, ya dong?

Di Indonesia, tren belanja online ini meningkat dari 7% ke 12% dalam lima tahun terakhir. Jika melihat jumlah penduduk Indonesia, dan melihat jumlah ecommerce yang punya website. Angka segitu jelas bukan hal yang buruk. Mungkin di negara lain angka ini rendah, tapi di Indonesia, dimana pendidikan belum merata, kesenjangan sosial masih tinggi, maka angka segini terbilang tinggi. Data ini menyangkut transaksi belanja dimanapun di ranah internet, baik dari sosial media, maupun website.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

 

Kenapa juga belanja iklan bisa naik padahal tidak semua iklan itu murah?

Tentu karna ada jaminan bahwa pembeli berani untuk keluar uang. Yap, Indonesia adalah negara yang konsumtif. Perkara harga jelas bukan hal yang sulit-sulit amat bagi orang menengah keatas. Lebih enaknya lagi, jika kita berjualan barang yang bisa menyentuh gengsi seseorang. Sisi emosional bernama gengsi ini bisa datengin keuntungan untuk kita, sekaligus tambahan budget untuk pasang iklan lagi.

Pada paruh pertama 2015 lalu, belanja iklan masih didominasi oleh pemain besar, seperti Traveloka, Tokopedia, dan Blibli masing-masing dengan angka Rp 370 miliar, Rp 185 miliar, dan Rp 150 miliar.

Kalau kita sih, pakai budget kecil aja dulu deh. Kamu sendiri per bulan habis berapa?

Categories: Internet Marketing

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*