Belajar SEO Dari Kasus Thumbtack.com

Belajar SEO Dari Kasus Thumbtack.com

Semua pemilik bisnis pasti ingin website nya berada di halaman pertama Google. Bukan hal yang aneh memang. Hanya saja, saking banyak nya cara curang untuk meraih posisi satu, maka banyak pemilik bisnis yang terjebak untuk melakukan nya.

Seperti yang dilakukan oleh anak angkat Google, Thumbtack. Thumbtack ini adalah hasil investasi Google Capital, mereka itu website untuk para profesional mendapatkan pekerjaan. Agak mirip dengan Freelancer.com.

 

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEOThumbtack mendapat hukuman penalti dari Google karna menggunakan link yang tidak alami, atau biasa disebut Unnatural Link, yaitu sebuah metode membeli atau menukar link dengan pihak tertentu dalam jumlah tertentu. Dan tentu saja ini dilarang oleh Google.

Thumbtack  sendiri memilih untuk membela diri bahwa mereka tidak melakukan hal tersebut dan menjelaskan kalau mereka akan memberi akses bagi siapapun untuk melakukan pengecekan, dan akan mengaku jika ada ditemukan unnatural link di bagian/halaman mereka.

Namun, bukan cuma membeli link saja yang bisa kena penalti. Link Schemes dan Quality Guidelines harus jadi perhatian kita para pekerja SEO. Berikut kutipan dari Link Schemes:

“The following are examples of link schemes which can negatively impact a site’s ranking in search results:

Buying or selling links that pass PageRank. This includes exchanging money for links, or posts that contain links; exchanging goods or services for links; or sending someone a “free” product in exchange for them writing about it and including a link”

Bagusnya adalah penalti ini adalah tindakan manual, dan selama Thumbtack atau kamu dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk membalikkan keadaan ini, maka semua akan kembali normal.

Namun, untuk mengembalikan semua normal juga bisa dibilang tidak 100% normal. Peringkat yang turun di Google akan sedikit melelahkan untuk dinormalkan kembali.

Semoga kalian tidak beli link atau main Link Schemes ya.

 

Categories: SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*