Belajar PR dan Customer Service dari @ProudToPostIt

Belajar PR dan Customer Service dari @ProudToPostIt

Dunia marketing emang luas, bukan cuma soal jual menjual doang, tapi juga soal gimana kita bisa meraih perhatian pasar. PR atau public relation merupakan salah satu ujung tombak dalam branding. Jika dalam sepakbola ada posisi yang disebut dengan gelandang bertahan, maka PR adalah gelandang bertahan tersebut. Tugasnya jelas, sebagai posisi pertama yang bertahan ketika diserang. Dia harus mampu berkomunikasi dengan baik, menjaga supaya nama perusahaan gak sampai jelek, plus, ketika lini depan yang dipegang marketing komunikasi dan sales buntu, dia bisa menjadi pemecah kebuntuan.

Lain cerita dengan Customer service. posisinya lebih rawan dari serangan. Anggaplah customer service ini sebagai pemain belakang. Dia kan menghadapi berbagai komplain dari pembeli, tugasnya adalah menciptakan rasa aman supaya nama perusahaan gak keburu jelek.

TMDOTCOM ada satu contoh PR dan Customer Service yang oke, mungkin kamu bisa jadiin bahan pelajaran. Daripada kamu buka bokep mulu, mending belajar kan.

Di suatu hari yang cerah kita lagi main-main di Instagram dan memutuskan untuk beli Case hp samsung galaxy S4 dari @ProudToPostIT , sebuah anak usaha dari @Generasi90an. Setelah pilih sana sini, terpilih deh case hp gambar Power Rangers. Selain nostalgia, kami emang masih anak-anak.

Dengan PO kurang lebih 1 minggu, barang pun sampai di tanggal 21, dimana pengiriman dimulai tanggal 20 Januari lalu. Cepet banget!

Setelah dibuka kemasan nya, hasil design nya pun 100% sama dengan di gambar, casing nya pun oke. Cakep banget!

Tapi ada satu masalah kawan, hasil produksi mereka tidak rapi, dan TMDOTCOM pun komplain, kira-kira ini capture obrolan kami dengan admin @Proudtopostit.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEOPoin PR yang mau dibahas adalah..

@Proudtopostit (PPT) menjelaskan masalahnya. Yap, ternyata disana ada masalah dengan produksi dikarnakan mereka lagi pindahan kantor. Seperti yang kita tau, pindahan di Indonesia emang ribet, bisa makan waktu dan tenaga. Masalahnya cuma satu, harusnya jika memang ada pindahan di bulan itu, dan PPT tau bakalan ribet, gak usah produksi dulu atau ada mandor khusus yang ngawasin produksi, ya gak sih?

Oke, masalah penjelasan mereka sudah kelar. PPT tahu kami kecewa dengan lem yang sulit bersih, akhirnya mereka memberi solusi untuk retur barang, dan diberi barang yang sama. Bagus sih, artinya mereka punya niat baik.

Kesimpulan: Penjelasan, solusi. Beres. Tapi akhirnya sih gak jadi kirim, karna kita menolak. Lagian bakal apa juga punya dua casing hp yang sama kan? Yang penting ada itikad baik aja dari penjual.

Poin Customer Service yang mau dibahas adalah..

Keramahan, dan sabar. Admin PPT cukup ramah untuk ngadepin yang beginian, jujur saat itu kita kesel sih karna lem yang nempel susah bener dibersihin nya. Sabar karna terakhir kita ada nanya produk yang ternyata gak ada di toko mereka, iya kita ketuker mau beli tamagotchi di toko yang salah karna mengira toko tersebut satu grup dengan @generasi90an.

Kesimpulan: Ramah, sabar, dan jaga ucapan adalah kunci jadi customer service yang bagus.

Kesimpulan Total: PPT sukses memberi kepuasan pada pembeli, memberi kan sebuah brand awareness yang cakep juga. Dari sini TMDOTCOM tau kalau PPT adalah penjual yang bertanggung jawab. Semoga laris dan lebih kreatif. (Soal kreatif, kita ada beberapa ide nih-red)

Peringatan: Ini cuma opini pribadi dan pengamatan pribadi.

Sekian contoh pelajaran hari ini, lanjutin sana main nya gih.

 

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*