Balada Internal Link dan Manfaatnya.

Balada Internal Link dan Manfaatnya.

Untuk beberapa blogger, menulis adalah suatu kenikmatan. Untuk beberapa blogger lain, menulis adalah cara untuk dapetin uang. Nah, sebetulnya, jika kamu blogger, kamu ada di posisi yang mana?

Bingung? Mari kita bahas tentang internal link. Biar nanti kamu bisa dapetin intisari nya.

Apa itu internal link? Internal link adalah tautan atau link yang menghubungkan suatu halaman dengan halaman lain yang ada di website kamu.

Kita akan membahas internal link dari halaman-halaman artikel kamu ya, bukan dari halaman utama atau halaman yang jadi prioritas untuk kamu optimasi SEO nya.

Pengaruh.

Seberapa besar sih pengaruh internal link ini untuk SEO, dan seberapa besar pengaruhnya untuk visitor kamu?

Untuk SEO, Google akan senang hati jika kamu membantu visitor untuk melihat berbagai halaman artikel kamu yang lain, yang relevan dengan topik bahasan kamu, tapi dengan detil yang berbeda. Poin yang didapat juga akan lebih besar untuk SEO, sehingga mempermudah kamu untuk melakukan optimasi, jika memang mau.

Ingat, ada yang namanya LSI keyword. Si LSI keyword ini adalah standar Google agar kamu bisa memberikan petunjuk-petunjuk lain ke visitor yang datang. Sehingga mereka akan mendapatkan informasi baru yang relevan dengan artikel kamu.

Sementara untuk visitor, mereka akan senang karna bisa membaca artikel yang berhubungan tapi dengan cara pembahasan yang berbeda, ini akan jadi variasi untuk mereka dan penambah pengetahuan.

Tapi TMDOTCOM, saya pernah lihat adanya internal link untuk halaman yang tidak relevan. Nah itu gimana?

Ya itu jadi kebalikan dengan yang relevan. Poin nya justru jadi berkurang untuk SEO dan visitor kamu sendiri mungkin gak terlalu suka. Karna informasi yang diinginkan jadi berbeda dengan yang mereka dapat. Sedangkan buat Google,  kamu dinilai telah mengaburkan sebuah informasi.

Tips: Sebisa mungkin, jangan terlalu banyak internal link di dalam sebuah halaman, karna bisa jadi bikin poin SEO website kamu jadi lebih rendah. Kenapa? Karna poin yang seharusnya tinggi harus dibagi ke beberapa link lain. Kecuali, jika kemampuan kamu mendapatkan backlink sangat bagus, hal ini bisa tertutupi.

 

 

 

Categories: SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*