Bagaimana Pola Marketing Tempat Makan Gaul?

Bagaimana Pola Marketing Tempat Makan Gaul?

Bisnis kuliner bisa dibilang semakin berkibar di tiap tahun nya. Berbagai restoran, kafe, bar, semua muncul secara serentak di kota-kota besar di Indonesia. Jakarta bisa dibilang sebagai pentolan tempat makan gaul ini, dengan jumlah penduduk yang banyak, kehidupan yang penuh hedonisme, tentu jadi pasar yang empuk untuk disantap pemilik usaha kuliner.

Lalu, bagaimana sih cara mereka memasarkan produk restoran mereka, apa yang mesti mereka lakukan biar orang datang, apa yang wajib ada di resto mereka? Mari kita bahas pola marketing tempat makan gaul di Indonesia.

1. Dekorasi

Design interior yang ciamik bakal menentukan sebuah alasan untuk orang datang kesana. Kenapa? Ya, siapa sih di Indonesia yang gak mau foto-foto….di restoran??

“Sis, kenapa kamu suka makan di resto A?”

“Iya, dekor nya bagus. Spot foto banyak.”

Ya kan?

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Mau mejeng kan?

2. Design Makanan

Bukan cuma ruangan yang perlu di dekor, makanan pun harus ditata sedemikian rupa agar bisa dimakan bisa difoto. Peduli setan soal rasa, yang penting makanan ini bisa dipamerkan. Sebagai contoh, kita pernah makan di restoran dessert di Jakarta Utara, resto nya rame bener. Akhirnya kita coba menu eskrim berkuah coklat, es nya ga dingin, kuah nya terasa aneh. Tapi keren kalau di foto.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Tega buat dimakan?

3. Sosial Media

Biar gimanapun orang gak bakalan dateng kalau gak melihat dari sosial media. Bikin review di sosial media, post gambar makanan nya, dijamin rame. Instagram sebetulnya menjadi aktor  penting karena memang fiturnya yang sesuai untuk pamer foto. Plus, kemampuan Instagram dalam konversi sales yang sangat tinggi dibanding Twitter dan sosial media lain, termasuk Facebook.

4. Event

Mengadakan event untuk menarik pengunjung bisa berguna banget loh. Event ini macem-macem jenisnya, bisa lomba foto, bisa review makanan (yang pasti peserta nya muji enak semua sih), lomba makan, bisa lomba bayar termahal, dan tentu hasil lomba ada kompilasi nya di Youtube. Plus, hadiahnya kudu meriah sih.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

mabok

5. Target Market: Cewek (Abg/Kimcil)

Tiap restoran gaul, target market nya wajib dan harus cewek abg. Design interior nya sih gak mesti kecewek-cewek an tapi yang datang kesana sebisa mungkin harus berjenis kelamin perempuan. Kenapa? Begini, kalau ada satu cewek pergi ke restoran kamu yang gaul itu, foto makanan, foto disana, dan keren. Dia pajang di sosial media, makan cewek-cewek lain yang lihat pasti bakal pergi ke tempat kamu dan melakukan hal yang sama. Kenapa mesti ABG/Kimcil? Karna kalau udah emak-emak ya cuma makan doang, mungkin foto-foto sih, tapi gak dipajang di sosial media.

 

Ada kegiatan marketing lain dari restoran gaul? Bagiin di komen ya.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*