Apa Itu Google Phantom?

Apa Itu Google Phantom?

Sejak bulan Mei 2015 kemarin, di dunia optimasi website tersiar kabar soal algoritma baru dari Google. Algoritma ini bukan lah Penguin ataupun Panda seperti yang biasanya. Tapi algoritma ini berhasil membuat beberapa website jadi turun ranking nya di Google. Bahkan, itu terjadi juga pada website kami dan beberapa klien.

Ternyata hal ini terjadi bukan karna update dari Penguin atau Panda. Google sendiri tidak memberikan jawaban yang pasti terkait penurunan ranking beberapa website ini. Komunitas SEO pun menyimpulkan kalau Google tidak menyadari akan hal ini. Dan karna itulah, fenomena ini diberi nama Phantom.

Walaupun Google tidak memberi penjelasan yang pasti, tapi yang pastinya, algoritma ini menghantam website yang banyak menulis tema “How To” atau menyediakan tutorial atau sejenis nya.

Tidak jelas juga faktor apa yang diinginkan oleh Phantom. Tapi, yang terjadi adalah ini mengalami kualitas pergeseran konten. Masalahnya adalah, kalau benar Google Phantom ini menyasar konten yang bersifat tutorial, maka itu pasti jadi masalah besar untuk beberapa website. Karna sulit sekali melakukan revisi jika sebagian besar konten bersifat tutorial.

Bikin repot aja nih. Semoga website kamu aman ya.

 

Categories: SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*