#AmericaIsBeautiful , Blunder Coca Cola?

#AmericaIsBeautiful , Blunder Coca Cola?

Coca Cola selama ini selalu memproduksi iklan-iklan yang kreatif. Baik iklan yang menampilkan program CSR atau cuma promosi doang. Kali ini, seperti biasa, Coca Cola menampilkan sebuah iklan baru di Youtube dengan tema kampanye #AmericaIsBeautiful .

Tujuan kampanye ini adalah untuk menunjukan keragaman yang ada di tanah America. Sebuah iklan yang sangat simpel. Menurut TMDOTCOM, tujuan iklan ini memang tercapai dengan bagus. Semua pasti mengerti meski tanpa penjelasan. Adegan-adegan di iklan ini sudah menjelaskan semua pertanyaan tentang keragaman ras di tanah Paman Sam. Kampanye iklan ini untuk acara Big Bowl di America, Big Bowl adalah kejuaraan American Football.

Ini iklan nya..

Review: Secara marketing, iklan ini emang kontroversial banget. Setidaknya ada 2 poin yang bikin iklan ini dikatakan bermasalah:

1. Theme Song yang merupakan lagu nasional America, tidak memakai bahasa Inggris, seperti yang kita tahu, bahasa inggris adalah bahasa nasional America.

2. Banyak orang menganggap penduduk Amerika adalah orang Amerika asli, bukan imigran yang merubah kewarganegaraan. Dan ini masalah yang agak tabu buat Amerika.

Reaksi di Sosial Media.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Siapa yang diuntungkan?

Iklan ini jelas kontroversial, karna itu pasti mengundang perdebatan, setelah berdebat bakalan ada pelaku yang ditunjuk bersalah atau minimal nama nya akan disebut selalu, dan itu sudah pasti Coca Cola. Dari sini sudah ketahuan bahwa Coca Cola dan iklan nya ini akan meraih popularitas. Ingat! Popularitas tidak mesti diraih dengan cara indah, kadang yang keras juga bagus hasilnya.

Coca Cola jelas bukan yang pertama membuat kampanye seperti ini. Produk pakaian GAP pernah membuat design kontroversial untuk Twitter Cover mereka.

tukangmarketing.com | majalah marketing online | Jasa SEO

Gaya marketing ini mungkin bisa disebut Multicultural Marketing. Atau simpel nya, kampanye marketing yang memanfaatkan ras tertentu.

Apa Coca Cola melakukan blunder? Share your thoughts in comment box.

 

 

Categories: Review Others

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*