5 Tools Untuk Riset Keyword

5 Tools Untuk Riset Keyword

Ibarat manusia, keyword adalah identitas dari sebuah usaha kamu. Lebih keren nya, keyword adalah jati diri si produk yang kamu jual. Produk nya bisa jasa maupun barang, pokoknya selama dia ada di dunia digital, maka pencarian jati diri itu penting banget.

Problem yang selama ini TMDOTCOM dapatkan ketika ngobrol dengan pemilik usaha yang ingin menggunakan jasa SEO, mereka bingung ketika kami tanya “Apa keyword yang biasa orang cari untuk nemuin bapak/ibu?”

Dan hening…

Dari situ, TMDOTCOM yang dermawan mau bantu kalian biar bisa liat-liat dulu keyword apa sih yang cocok buat usaha online kamu. (Baca: Mempermudah kerja kita. *tawa licik*)

Ada 5 aplikasi berguna yang bakal kita bagiin. Semoga bermanfaat untuk usaha kamu.

1. Google Keyword Planner.

Kita udah pernah bahas tentang google keyword planner. Klik aja link google keyword plannerAplikasi ini bisa dibilang paling banyak dipakai orang-orang. Bukan cuma untuk urusan SEO, tapi juga untuk urusin Search Engine Marketing mereka kalau mau pasang iklan di Google. Disediakan lengkap dengan statistik untuk hasil pemasangan PPC kamu.

2. Ubersuggest

Aplikasi ini pernah dibahas saat kita lagi angkat tema tentang “optimalkan long tail keyword“. Cara pakai aplikasi ini mudah banget. Database si Uber ini bukan cuma dari mesin Google, tapi dari pesaing Google juga. Mereka juga memberikan ide untuk kata kunci kamu. Artinya, banyak variasi untuk riset keyword kamu.

3. Keyword Tools

Mirip dengan nomor 2. Si Keyword Tools ini malah lebih asik sih. Database keyword nya dari berbagai negara yang menggunakan Google. Bakal enak kalau kamu mau menginvasi negara lain, misal nya pas AFTA nanti. Bahkan, saking keren nya, keyword yang digunakan untuk riset pun bisa dari Youtube dan BING yang bukan produk Google. Satu hal lagi, gak ada captcha disini. Paling kagak, jadi lebih simpel.

4. Keyword Eye.

Oke, ini unik. Dibanding nomor 1-3, aplikasi ini menyediakan 2 layanan. Gratis dan Berbayar. Karna kita orang Indonesia, otomatis, kita bahas yang gratisan aja. Uniknya dari aplikasi ini, kita bisa melihat “gumpalan keyword”, yang mana warna dan ukuran menjadi pertanda besaran pencarian dan persaingan. Di dalam fitur gratisan, kamu bisa pakai 20 keyword per hari, dengan 100 laporan keyword, dan 25 keyword database dari Google.

5. Keyword Revealer

Kalau nomor 4 bayar, nomor 5 ini gretong. Ada perbaikan metrik yang lebih bagus di aplikasi ini. Dengan metrik yang lebih relevan untuk search volume, CPC, dan estimated profit. Bahasa mudahnya..lebih canggih.

Nah itu dia 5 aplikasi keyword research yang oke dari TMDOTCOM. Ada yang mau share aplikasi lain?

 

 

 

 

Categories: SEO

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*